Kamis, 13 November 2008

IKRAR SEORANG INSINYUR

IKRAR SEORANG INSINYUR
Profesi yang aku sandang dengan penuh kehormatan dan kebanggaan tampa rasa takabur
Kehormatan yang membuahkan kewajiban – kewajiban yang secara tulus akan aku tunaikan.

Bila masyarakat memerlukan.
Keterampilan dan Pengetahuan yang ada padaku, ku persembahkan tampa batasan.
Nikmat ilmu yang aku miliki, harus kusyukuri dengan Pengabdian kepada kemanusiaan dan kebenaran sebagai
Tanggung jawab pada si Pemberi nikmat Tuhan Yang Maha Esa

Dengan kecemburuan Ibu aku jaga reputasiku mulia dan nama baik profesi insinyur yang telah aku pilih.
Dengan kesetiaan seorang sahabat aku jaga kepentingan dan nama baik dari rekan insinyur yang aku tahu pantas
Dimiliki.
Akan tetapi aku tidak gentar kalau kewajiban memanggil untuk memaparkan kebenaran tentang sesuatu atau seorang
Rekan yang tindak tanduknya terbukti tidak bertanggung jawab
Semenjak zaman batu, kemajuan kemanusiaan hanya makin terjadi karena kepiawaian moyangku seorang insinyur
Ditangan mereka prinsip ilmu pengetahuan dan relevansi teknologi menjadi hal yang praktis dan berguna berkat akumulasi
Dan pengalaman merekalah aku mungkin meniti kemajuan, karenanya aku buktikan diriku untuk penyebaran pengetahuan
Keinsinyuran yang aku miliki terutama bagi rekan yang lebih muda, muda usia dan muda pengalaman

Dan kepada rekan – rekan setaraku aku menjanjikan dan menuntut pula sikap adil dan intergritas sikap toleransi dan penuh respek dalam
Menghayati dan menjaga kehormatan profesi ini sadar selalu bahwa mengabdikan profesi pada masyarakat sekeliling, pada generasi yang akan
Datang, pada lingkunagan hidup yang lebih baik, pada hati nurani yang bersih merupakan manifestasi pengabdian kepada sang pencipta TuhanYang Maha Esa.

Tidak ada komentar: